Selasa, 08 Juni 2010

Wisata Singapura

(Adinda Arifiah - 210110080034)

Siapa yang tidak kenal dengan ikon Singapura? Ketika mendengar kata Singapura, pasti langsung terlintas di benak sebuah patung singa berwarna putih. Ya, kalau ke Singapura tidak afdhol rasanya kalau tidak menghampiri si singa laut putih, Merlion.

Singa berbadan duyung ini dirancang untuk Badan Pariwisata Singapura. Lee Kuan Yew, Perdana Menteri yang menjabat pada masa itu meresmikan upacara pemasangan Merlion pada 15 September 1972.

Patung singa ini dulu ditempatkan di Merlion Park. Namun, sekarang berada di seberang Fullerton Hotel. Tetapi tetap saja sampai sekarang, jika ingin menjumpai si singa, wisatawan tetap berkata "Ingin ke Merlion Park."

Setiap kali ke sana, hampir tidak pernah sepi, hampir tidak pernah tidak ada yang berfoto dengan latar belakang patung Merlion. Berfoto dengan latar belakang singa putih seperti sebagai tanda kalau sudah pernah mengunjungi Singapura.




Di Merlion Park ini juga ada jasa berkeliling Sungai Singapura yang bersih. Kita bisa melihat-lihat suasana sangat moderen Singapura. Gedung-gedung tinggi, bagus, dan megah. Serta kita juga akan melewati beberapa objek wisata. Setiap kali melewati sebuah objek wisata, kita akan mendengarkan sejarah singkat objek tersebut, dari pemutar cd yang dioperasikan oleh nahkoda kapal.

Namun, untuk menikmati jasa ini, harus rela sedikit menguras kantong. Ongkosnya yaitu SG$ 15 sekitar Rp 105 ribu.


Singapura juga terkenal dengan kota belanja, negara belanja, surga belanja, atau apalah. Singapura "penuh" dengan supermall di mana terdapat toko-toko barang branded dan biasanya masyarakat Indonesia juga senang berbelanja di Singapura karena barang-barang tersebut bisa didapat dengan harga lebih murah dibandingkan dengan jika membeli di Indonesia.

Mall-mall di Singapura rata-rata besar dan mewah. Jarak yang berdekatan dengan mall lain bukanlah masalah karena mall-mall tersebut memang sepertinya tidak pernah sepi pengunjung. Jalan yang terkenal di Singapura yaitu Orchard Road. Sepanjang jalan ini berjejer mall-mall cantik dan megah. Jadi, sepertinya jika ingin mencari barang apa saja ada. Mulai dari pakaian, buku-buku, kebutuhan rumah tangga, sampai barang-barang elektronik.

Salah satu mall terbesar di Orchard Road ini adalah ION. Toko-toko merk besar seperti Prada, Cartier, Louis Vuitton, Dior dan Dolce & Gabbana, terdapat di mall ini.


Di seberang ION, ada yang dinamakan Shaw Haouse. Di sini juga seperti mall, namun yang paling favorit di dalamnya adalah supermaret Isetkan. Isetan seperti toko serba ada yang menjual barang-barang yang berbau Jepang.


Sebenarnya masih banyak lagi mall-mall yang ada di Orchard Road karena memang Orchard Road merupakan tempat paling dikenal, oleh warga Singapura maupun asing, untuk berbelanja. Misalnya masih ada yang dinamakan Lucky Plaza. Di sana dijual barang-barang elektronik seperti handphone, kamera DSLR dan peralatannya, dan lain-lain, dan jika beruntung kita akan mendapatkan harga yang sangat murah.



*nb: seluruh foto adalah dokumentasi pribadi

4 komentar:

  1. singapura!!!!
    it's awesome!!
    :D
    nice blog anyway.. :)

    BalasHapus
  2. wow, you make me jealous of this one, I really want to go to singapore and take a lot of pictures of structures and of course the Merlion. really nice!

    BalasHapus
  3. Salute to this country!
    walaupun luas negaranya sgt kecil, singapura bsa membuat negara mereka sebagai negara tujuan wisata dunia

    BalasHapus
  4. waw Singapore.. Tentu memerlukan kocek yang banyak untuk berkunjung kesini. tapi blog ini bagus untuk referensi orang-orang yang baru pertama kali ke singapura dengan tujuan belanja. _Lulu_

    BalasHapus