Selasa, 08 Juni 2010

Padang dan Bukittinggi, Indonesia

(Adinda Arifiah - 210110080034)

Padang dan Bukittinggi merupakan kota yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Di sini, ada beberapa lokasi wisata yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi.

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis terletak di kota Padang. Di sini pemandangannya indah, banyak pepohonan yang menghiasi dan menambah keindahan lautnya.


Yang terkenal di Pantai Air Manis ini adalah batu Malin Kundang.
Malin Kundang adalah tokoh utama dalam cerita rakyat asli Sumatera Barat. Cerita rakyat tersebut mengisahkan tentang seorang anak yang pergi dari rumah untuk merantau. Namun, ketika sudah sukses, kaya, dan beristeri, ia lupa kepada ibunya. Ketika ia berlayar ke daerah asalnya dan menemui ibunya, ia malu mengaku di depan isteri bahwa perempuan tua yang menghampiri dirinya adalah ibu kandungnya. Kemudian sang ibu marah dan mengutuk anaknya tertimpa berubah menjadi batu.

Inilah yang konon adalah diri si Malin Kundang yang durhaka kepada ibunya. Tubuhnya yang menjadi batu masih dapat kita lihat dan memang batu ini berbentuk badan manusia yang seperti sedang tengkurap menyembah.


Foto di bawah ini juga konon adalah kapal Malin Kundang yang hancur dan karam. Tali-temali, guci, peti, dan lain-lain, juga masih dapat kita lihat di sana, semua mengeras menjadi batu.



Ngarai Sianok

Beralih dari kota Padang, di kota Bukittinggi terdapat jurang berkelok yang dinamakan Ngarai Sianok. Lembah curam ini merupakan garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir di Palupuh. Ngarai Sianok adalah objek wisata utama Sumatera Barat.


Di lokasi ini kita juga bisa "bermain" dengan monyet-monyet. Ketika kita datang dengan membawa sesuatu di tangan, monyet-monyet pasti langsung menghampiri. Mereka kira kita membawa makanan. Maka di sana dijual kacang kulit yang biasanya memang akan pengunjung berikan ke monyet-monyet yang berebut mengambil dari tangan.


Di lokasi wisata ini juga terdapat Goa Jepang yang dahulu digunakan para tentara Jepang sebagai tempat berlindung.



*nb: seluruh foto adalah dokumentasi pribadi

11 komentar:

  1. wahh.. jadi pgn deh kesini , mampir2 juga ya buu ke blog kita :)

    BalasHapus
  2. ih serem liat foto-foto malin kundang. segera bertobatlah wahai manusia...

    BalasHapus
  3. wow, the pictures are amazing, you have a really good eye!

    BalasHapus
  4. Kampungku! Emang indah banget deh padang itu. Harus banyak banyak dipromosiin biar makin banyak wisatawan yg berkunjung kesana. sebenernya padang gak kalah kok sama bali :3

    BalasHapus
  5. harus ngebahas tentang berbagai danau indah yang ada di sana juga.. danau singkarak dan danau maninjau misalnya. pasti jadi lebih mantab blogpostnya!

    BalasHapus
  6. keyko says:
    saya dengan bangga mengatakan kalo saya pernah ke pantai Air Manis. nyehehehehe...

    waktu kecil, ngeliat batu malin kundang sukses bikin saya kapok jadi anak bandel. ;D
    tapi semakin bertambah usia makin meragukan keaslian si batu itu sendiri. selentingan katanya sih ada campur tangan manusia. tapi Allahualam aja yaaa..

    mudah2an keindahan alaminya bisa terus terjaga!

    BalasHapus
  7. walaupun g yakin itu legenda malin kundang bner apa ngga, tp yg penting bisa menarik wisatawan bwt dateng ke sana
    sebenernya wisata padang n bukittinggi msh banyak nih
    g kalah sama bali

    BalasHapus
  8. wah saya belum pernah kesini dan tentunya thanks atas info tempat2nya. bisa jadi referensi saya kalau brkunjung kesana. _lulu_

    BalasHapus
  9. mantabsss, Indonesia emang punya banyak tempat yang luar biasa...

    BalasHapus
  10. Bisa nih jadi referensi buat liburan.

    Btw, backsound blog ini rame ya..heboh.. :D

    -Rezki

    BalasHapus
  11. wah jadi pengen liat batu si malinkundang itu deh.. apa beneran bentukannya itu hasil alam atau jangan2 hanya dibuat manusia aja..

    BalasHapus