Selasa, 08 Juni 2010

Candi Terindah di Dunia Ada di Indonesia

(Adinda Arifiah - 210110080034)

Kompleks Candi Prambanan

Kompleks candi yang sering juga disebut sebagai Candi Roro Jonggrang merupakan kompleks candi hindu terbesar di Asia Tenggara. Bahkan ada yang mengatakan bahwa situs sejarah ini merupakan kompleks candi tercantik di dunia. (http://www.kapanlagi.com/a/old/prambanan-candi-hindu-terindah-di-dunia.html)

Kompleks Candi ini terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan D.I.Yogyakarta. Foto di bawah ini adalah candi utama di kompleks candi ini.

Di dalam candi-candi di Prambanan ini, banyak terukir relief yang bercerita tentang kisah-kisah hindu legendaris. Ini contoh relief di salah satu candi.


Ini juga seperti relief monyet. Monyet merupakan hewan suci bagi orang Hindu.



Candi Ratu Boko

Di sekitar situ banyak terdapat situs lainnya yang juga mempunyai nama. Misalnya foto di bawah ini adalah foto situs Ratu Boko. Situs yang belum diketahui pasti apa fungsinya pada zaman dahulu terletak sekitar 3 km di selatan kompleks Candi Prambanan.

Situs ini tidak disebut candi karena dilihat dari sisa-sisa letak batuannya, ini diduga dulunya adalah sebuah keraton. Di situs ini juga terdapar gerbang masuk, pendopo, kolam pemandian, dan lain-lain, tidak seperti sebuah bangunan keagamaan seperti peninggalan Zaman Jawa Kuno lainnya.

Nama "Ratu Boko" sendiri merupakan nama ayah dari Roro Jonggrang.

Candi Sewu

Di sebelah utara Candi Prambanan ada juga Candi Sewu. Kata "sewu" yang berarti "seribu" diambil untuk nama ini berdasarkan legenda Roro Jonggrang. Candi ini bercorak Buddha, berbeda dengan Candi Prambanan. Candi Sewu merupakan candi buddha kedua terbesar setelah Candi Borobudur.


*nb: seluruh foto adalah dokumentasi pribadi

7 komentar:

  1. perambanannya asik. exotic.
    bener2 indonesia.
    nice blog.. :D

    BalasHapus
  2. I'm really amazed at the architectures! and this historical place is amazing, plus the pictures you took are very interesting, another one that I like about the pictures you took is their composition, nicely taken!

    BalasHapus
  3. foto-fotonya bagus, jadi ingin berkunjung kesana.
    Prambanan salah satu kekayaan budaya Indonesia, ayo kita rawat dan lestarikan.

    BalasHapus
  4. suka banget foto yang pertama!
    jadi pengen jalan - jalan ke prambanan lagi >.<

    BalasHapus
  5. budaya indonesia emang kaya banget..dn candi cm sebagian kecilnya
    nice info about indonesia tourism
    tunjukin pd dunia klw kita punya banyak ha yg bisa dibanggakan

    BalasHapus
  6. Memang Indonesia kaya dengan peninggalan-peninggalan bersejarah yang jarang ada di luar negeri. Makanya sering kali antropolog dari luar datang ke Indoensia.
    _Lulu_

    BalasHapus