Senin, 05 April 2010

PC Dalam Saku Anda

Adinda Arifiah

210110080034


Komputer pada zaman ini sudah sangat tidak asing bagi kita. Bisa jadi bahkan untuk sebagian masyarakat, komputer sudah berkembang menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran komputer sangat membantu kehidupan manusia dengan cara kerjanya yang mirip seperti otak manusia, dapat menyimpan berbagai macam data dan mempresentasikannya kembali kapan pun kita inginkan.


Seiring perkembangan zaman, komputer juga mengalami perubahan-perubahan, baik dari bentuk fisiknya, maupun inovasi fungsi-fungsinya. Dahulu, komputer berbentuk CPU yang dilengkapi dengan keyboard dan monitor yang terpisah. Saat ini, komputer yang hadir dalam bentuk notebook atau laptop sudah tidak asing lagi.


Pada pengembangannya kemudian, Jepang mengembangkan komputer yang berukuran Pen. Ukuran yang cukup kecil untuk terselip di dalam tas atau tergelincir jatuh saat kita masukkan ke dalam saku.


Dalam revolusi miniatur komputer, para ilmuwan yang maju menggunakan teknologi Bluetooth. Benda ini akan memproyeksikan monitor dan keyboard virtual yang tersimpan di dalamnya. Ketika tombol pada Pena ini ditekan, benda ini akan mengenali monitor dan keyboard melalui Bluetooth dan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Kita tetap bisa melakukan operasi normal seperti yang dapat kita lakukan pada desktop biasanya.



DAMPAK

Kemunculan teknologi ini tentunya mempunyai dampak bagi masyarakat dan kehidupannya. Secara umum, tentu saja Pen PC ini sangat membantu masyarakat yang sangat mobile dalam bekerja. Komputer ini praktis dibawa ke mana saja tanpa harus memerlukan tenaga besar dan tidak memakan tempat. Bagi para pengusaha yang biasa mengadakan pertemuan di luar kantor misalnya, tentu komputer ini sangat berguna pada waktu mempresentasikan prospek bisnisnya dengan kliennya, dan lain sebagainya. Membicarakan dampak yang ditimbulkan, jika mengacu pada apa yang dikatakan Efferet Rogers, terdapat tiga perubahan komunikasi yang dapat terjadi setelah ditemukannya teknologi.


Pertama adalah interacivity yaitu bagaimana kemampuan dari sistem komunikasi yang baru tersebut untuk berinteraksi dengan penggunanya. Partisipasi dalam interaksi yang dapat terjadi di sini adalah interaksi dari orang ke orang (misalnya kita jadi dapat chatting dengan menggunakan hotspot di mana saja), dari orang ke mesin (tentu saja interaksi ini tejadi saat kita menggunakan Pen PC ini kita berinteraksi dengan mesin komputer), dan dari mesin ke mesin (misalnya pada saat komputer ini tersambung ke internet).


Pen PC memunculkan monitor dan keyboard virtual dengan Bluetooth


Kedua, yaitu demassified yaitu sebuah penggunaan dari penggunaan secara massal teknologi dapat dtandaioleh semakin aktif pengguna dalam menggunakan media yang dipakainya. Jika banyak orang yang merasakan manfaat kepraktisan dari komputer ini dan merasa sangat diuntungkan kemudian menceritakannya kepada kerabatnya, kemungkinan kerabatnya juga akan menggunakan PC Pen ini. Jadi, akan semakin banyak pengguna aktif yang memanfaatkan.


Ketiga asychronous artinya tidak serempak. Penggunanya dapat menggunakan alat ini kapan saja semau mereka, tidak harus serentak dengan pengguna-pengguna lain alat ini.


Alat ini menarik dan tampaknya akan sangat berguna bagi masyarakat mobile. Intinya adalah kepraktisan yang menjadi nilai tinggi pada Pen PC ini.



Sumber: www.rense.com/general69/future.htm

1 komentar:

  1. d Indonesia tapi kayaknya blm terlalu popule ya teknologi ini, blm bnyk yg tau juga

    BalasHapus